Siapakah penemu televisi? Benda yang pada awalnya berbentuk cembung dan mampu menampilkan gambar beserta suara tersebut ditemukan oleh John Logie Baird. Beliau merupakan warga asli Skotlandia yang berprofesi sebagai seorang insinyur dalam bidang kelistrikan.

Usahanya yang sangat gigih dalam melakukan penelitian membawa pada keberhasilan menemukan televisi yang akhirnya bisa dinikmati seluruh manusia hingga hari ini. Perjalanan penemu televisi tersebut tentunya tidak mudah sama sekali, ada banyak rintangan yang harus dilalui sebelum akhirnya benar-benar berhasil menyelesaikan penelitiannya.

Untuk itu, demi mengapresiasi perjuangan yang dilakukan oleh beliau, rasanya setiap orang perlu untuk mengetahui bagaimana proses atau sejarah penemuan yang dilakukan.

Sejarah Penemuan & Biografi Penemu Televisi Pertama di Dunia

Televisi merupakan sistem penyiaran berupa gambar yang disertai dengan adanya bunyi sehingga bisa dinikmati dan menjadi sarana hiburan bagi semua orang.

Penemuan televisi ini tentunya tidak terjadi secara instan karena sejarah telah mencatat bagaimana proses-prosesnya. Berikut ini adalah informasi terkait sejarah, sosok yang menemukan televisi dan biografinya, serta perkembangan televisi hingga hari ini.

Sejarah Penemuan Televisi

Perkembangan awal televisi sebenarnya hanya menggabungkan teknologi optik dan elektronik sehingga hanya bisa menghasilkan sebuah tampilan visual. Konsep pemancar gambar bergerak merupakan saat itu memang sudah sangat bagus tetapi tentunya tidak memberikan tampilan yang maksimal.

Namun, berkat berbagai penelitian yang dilakukan oleh banyak ilmuwan menyebabkan adanya perkembangan pesat pada penemuan televisi, yakni teknologi audio.

John Logie Baird, mempresentasikan hasil penemuannya di London, yakni sebuah cara pemancaran gambar dan bayangan yang bisa bergerak diikuti dengan bagus. Hal tersebut terjadi pada tahun 1925, yang melibatkan cukup banyak cendekiawan dari London.

Pemancar gambar yang ditemukan oleh Baird telah mampu menghasilkan sebuah gambar dengan resolusi sejumlah 30 baris. Dengan resolusi tersebut sudah cukup untuk bisa menampilkan sebuah wajah manusia melalui lensa spiral ganda.

Hingga pada tahun 1927, kembali lagi ditemukan oleh Beird sebuah sistem perekaman video yang diberi nama dengan Phonovision. Penemuan tersebut juga merupakan yang pertama kali di dunia yang memiliki fungsi sangat signifikan bagi sebuah televisi.

Phonovision memiliki kemampuan untuk memodulasi sinyal output sehingga televisi mampu menghasilkan sinyal suara. Bisa dibilang jika penemuan Phonovision mampu melengkapi penemuan sebelumnya yang hanya mengandalkan gambar dan bayangan saja sebagai pemancarnya. Jadi, itulah alasan mengapa televisi memiliki dua sistem pemancar, yakni gambar dan suara.

Biografi Sosok Penemu Televisi

John Logie Baird, sang penemu televisi pertama
John Logie Baird, sang penemu televisi pertama

Siapakah penemu televisi? Pertanyaan tersebut akan selalu disandingkan dengan nama ahli insinyur listrik dari Skotlandia, John Logie Baird. Pada awalnya, Baird mengalami masalah kesehatan yang cukup buruk sehingga tidak bisa mengikuti Perang Dunia I.

Hal itulah yang sebenarnya mendasari kiprahnya menjadi seorang Insinyur Listrik. Terlebih karena gangguan saraf yang beliau alami menjadikan geraknya lebih terbatas sehingga memutuskan untuk melakukan penelitian-penelitian amatir dalam bidang elektronik. Terutama ketika Guglielmo Marconi telah menemukan gelombang demonstrasi radio.

Tempat lahir Baird tepatnya adalah di Helensburgh pada tanggal 13 Agustus 1888. Pendidikan beliau yang direkam oleh sejarah adalah di Royal Technical College, kampus dengan banyak lulusan mahasiswa teknik terbaik. Pada tahun 1946, Baird menutup usianya tepat pada umur 57 tahun. Kegigihan Baird memang pantas diacungi jempol karena berkat kegigihannya dunia bisa menikmati teknologi awal pertelevisian.

Lewat penemuan-penemuan yang diperolehnya, Baird kemudian meyakini jika eksperimen yang sedang dilakukannya ini pasti akan berhasil. Beliau mulai membuat penelitian untuk mengirimkan sinyal visual dan audio.

Melalui penelitian tersebut juga dibuat sebuah desain agar hasilnya bisa benar-benar akurat. Hingga akhirnya desain tersebut menjadi sebuah nipko disk dan dikembangkan lagi oleh ilmuwan lainnya agar bisa lebih berguna. Pada tahun 1923, akhirnya Baird telah mampu menciptakan televisi dengan menggabungkan visual dan audio yang begitu mengesankan.

Perkembangan Televisi

Wujud televisi di tahun 70-80an

Setelah berhasil ditemukan oleh Baird pada tahun 1923, perkembangan teknologi televisi sudah menjadi semakin pesat. Tentunya, setelah penemuan tersebut berjalan, masih ada daftar penemu televisi lainnya yang semakin menuju modernisasi.

Seperti pada tahun 1927, ilmuwan asal AS sudah mampu mengembangkan televisi dengan teknologi modern dan mengembangkan lebih jauh tentang image dissector yang merupakan sistem kerja dasar sebuah televisi.

Perkembangan teknologi bisa dikatakan sangatlah pesat. Mulai dari awal yang hanya menggunakan tampilan visual hitam putih hingga bisa dinikmati dengan berbagai variasi warna yang memuaskan.

Bentuknya juga sudah sangat berbeda, mulai yang dulunya masih tampak cembung dan begitu kecil,sekarang sudah berbentuk LCD dengan ukuran layar yang sangat lebar. Hal tersebut tentunya termasuk dalam pencapaian yang sangat bagus di bidang teknologi.

Nah, itulah informasi mengenai penemuan siapakah penemu televisi dan juga sejarah perkembangannya. Meskipun penemu televisi yang paling dikenal adalah John Logie Baird, tetap saja ada ilmuwan lainnya yang mendukung penelitian dari Baird tersebut.