Saat menggunakan perangkat smartphone, komputer atau laptop, salah satu aspek yang menjadi pertimbangan adalah sistem operasinya. Dalam sebuah perangkat biasanya di dalamnya terdapat sistem-sistem, aplikasi dan hardware, maka sistem operasi ini berperan sebagai penghubungnya.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu operating system (OS) ini berikut akan dijelaskan tentang pengertian, fungsi sekaligus jenisnya. 

Pengertian sistem operasi adalah sebuah software yang berperan dalam mengatur kinerja dari hardware (perangkat keras) sekaligus menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di dalam sistem perangkat. Ketika bekerja pada perangkat komputer, maka disebut sebagai sistem operasi komputer. Begitu juga dengan perangkat lain. 

Fungsi Sistem Komputer 

Para ahli memberikan berbagai pendapatnya tentang pengertian sistem operasi ini. Ada ahli yang mendefinisikannya sebagai sebuah perangkat lunak sistem yang tugasnya melakukan kontrol dan memanage hardware serta operasi-operasi dasar pada komputer lainnya. Termasuk juga untuk menjalankan program-program aplikasi.

Definisi lain dari operating system (OS) ini adalah komponen software yang berperan untuk mengontrol keseluruhan kegiatan yang ada di dalam komputer. 

Berdasarkan pengertian sistem operasi komputer yang sudah dijelaskan di atas, perangkat lunak (software) ini tak bisa dipungkiri memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari operating system (OS) yang ada pada sebuah perangkat. 

1. Mengatur Hardware

Perangkat keras yang ada pada sebuah sistem komputer desktop
Perangkat keras yang ada pada sebuah sistem komputer desktop

Perangkat keras (hardware) ini adalah perangkat-perangkat yang tersambung ke komputer. Seperti misalnya keyboard, mouse, speaker dan perangkat keras lainnya. Operating System (OS) inilah yang berfungsi untuk mengatur kinerja dari perangkat-perangkat keras tersebut.

Sistem operasi komputer ini yang akan menghubungkan antara hardware dengan software agar bisa bekerja sebagaimana fungsinya.

BACA JUGA:  Perangkat Keras Komputer, Pengertian, Fungsi Serta Contohnya

2. Menjalankan Operasi yang Sifatnya Dasar 

Fungsi sistem operasi yang paling dasar adalah untuk menjalankan fungsi-fungsi dasar pada komputer. Operating system ini berfungsi untuk mengatur pemrosesan data, penggunaan memori, penyimpanan data serta berbagai fungsi dasar lainnya.

Dengan adanya operating system ini komputer akan mampu menjalankan tugas atau fungsi dasarnya. 

3. Sebagai Wadah dari Aplikasi atau Program 

Fungsi selanjutnya dari sistem operasi komputer atau operating system pada umumnya adalah sebagai wadah dari program atau aplikasi. Selama ini kebanyakan yang diketahui adalah bahwa aplikasi atau program tersimpan di perangkat penyimpanan.

Padahal sebenarnya, aplikasi atau program berada di dalam operating system dan melekat di dalamnya. Sehingga tanpa adanya operating system, aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan bisa berfungsi.

4. Mengkoordinasi Kerja Perangkat Komputer 

Fungsi sistem operasi selanjutnya adalah untuk mengkoordinasi kerja dari perangkat komputer. Koordinasi yang dilakukan tidak hanya berkaitan dengan software dan hardware saja.

Lebih dari itu, operating system ini yang bertugas menyusun program-program yang sifatnya kompleks agar lebih sederhana serta berurutan. Dengan begitu, aplikasi bisa bekerja lebih efisien.

5. Menyajikan Tampilan pada Perangkat

Berikutnya, operating system (OS) juga berfungsi untuk menyajikan tampilan pada perangkat. Jika Anda melihat tampilan pada perangkat Anda, maka itu adalah hasil pengoperasian dari Operating system (OS). Operating system inilah yang bekerja membuat aplikasi berjalan dengan mudah untuk kemudian ditampilkan di layar.

Operating system ini juga menerjemahkan bahasa pemrograman yang rumit dari CPU lalu ditampilkan dalam bentuk grafis, teks, maupun tampilan lainnya yang lebih mudah dipahami oleh pengguna.

6. Mengawasi Jalannya Fungsi Program 

Fungsi sistem operasi berikutnya memungkinkan pengguna yang memiliki akses terhadap komputer untuk menjalankan sebuah program. Selain itu, operating system ini juga berperan mengendalikan pengguna yang bisa mengaksesnya. Fungsi inilah yang dikenal sebagai fungsi Gate Keeper.

Tak hanya itu saja, operating system bahkan juga mengawasi pengguna saat menggunakan perangkat ataupun mengakses sistem program pada komputer. 

BACA JUGA:  Pengertian WiFi, Kepanjangan Serta Fungsinya

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, operating system tidak hanya ada pada perangkat komputer atau laptop saja. Perangkat gadget yang banyak digunakan saat ini juga bekerja di atas operating system tertentu.

Untuk lebih memahami tentang operating system, berikut ini adalah beberapa jenis dan contoh sistem operasi yang banyak digunakan pada perangkat-perangkat teknologi yang ada saat ini.

Sistem Operasi Windows

Sebuah laptop dengan sistem operasi Windows
Sebuah laptop dengan sistem operasi Windows

Diantara banyaknya OS yang ada, Windows merupakan operating system yang paling familiar. Ini karena Windows ini adalah OS yang paling banyak diadopsi untuk digunakan pada komputer ataupun laptop, terutama untuk kebutuhan sehari-hari.

OS ini memiliki keunggulan dari aspek user interface yang mudah dan menarik. Selain itu, aplikasinya yang melimpah serta kemudahan dalam instalasi juga menjadi keunggulan tersendiri.

Sayangnya, OS ini termasuk tidak open source, sehingga untuk mendapatkannya harus membayar. Belum lagi, harga yang dibayar pun cukup mahal.

Linux

Tampilan sistem operasi Linux Ubuntu
Tampilan sistem operasi Linux Ubuntu

Linux ini juga menjadi salah satu jenis atau contoh sistem operasi yang cukup banyak digunakan. Berbeda dengan Windows, operating system yang identik dengan logo berbentuk pinguin ini adalah OS yang bersifat open source.

Artinya, pengguna masih bisa memodifikasinya kemudian didistribusikan lagi. OS ini pun bisa didapatkan secara gratis. Namun, karena instalasi dan penggunaannya yang cukup sulit, OS ini memang tidak disarankan untuk pengguna awam. Karena itu, biasanya OS ini sering digunakan oleh pengguna profesional untuk dijadikan sebagai server. 

Mac OS

Tampilan MacOS pada laptop Macbook Pro
Tampilan MacOS pada laptop Macbook Pro

Sistem Operasi Komputer satu ini diproduksi oleh perusahaan teknologi Apple. OS ini hanya terpasang pada perangkat khusus, yaitu di dalam komputer Macintosh atau yang juga dikenal dengan Mac.

Sistem operasi satu ini juga sudah memiliki berbagai versi. OS ini memang menawarkan keunggulan yang beragam. Dari segi keamanan yang tinggi sehingga tidak mudah dihack, kinerjanya pun lebih stabil dengan tampilan antarmuka yang menarik.

Sayangnya, karena harga perangkat yang relatif mahal dan tidak termasuk OS yang open source, tidak banyak orang yang menggunakan OS ini di Indonesia.

BACA JUGA:  Perangkat Keras Komputer, Pengertian, Fungsi Serta Contohnya

Sistem Operasi DOS

Tampilan antar muka DOS
Tampilan antar muka DOS

Jika sebelumnya sudah dijelaskan tentang Windows yang menjadi OS favorit pengguna komputer atau laptop, maka DOS ini adalah contoh sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Windows. DOS (Disk Operating System) ini adalah cikal bakal dari metode operasi komputer oleh IBM. 

Seperti halnya komputer di jaman dahulu, operating system ini juga masih memiliki tampilan hitam putih nan klasik. Tampilannya pun hanya berupa tulisan tanpa gambar.

Proses input setiap instruksi yang diberikan pun tidak seperti tampilan antar muka OS saat ini. Input instruksinya pun masih menggunakan Command Prompt. Kelebihan dari OS ini adalah karena ukurannya yang relatif kecil sehingga tidak menghabiskan banyak memori dan pastinya ringan. Belum kompabilitasnya juga tinggi menjadi nilai lebih pada OS ini.

UNIX

Jika DOS adalah cikal bakal atau awal mula dari Windows, maka UNIX ini adalah awal mula dari Linux. Sebelum dikembangkan menjadi lebih lengkap seperti yang ada saat ini, Linux dulunya adalah UNIX.

Sistem Operasi ini awalnya dikembangkan untuk kebutuhan komersil. Biasanya, OS ini digunakan untuk menjalankan sebuah jaringan komputer. 

Awalnya, UNIX ini juga bersifat Command line interface. Hingga kemudian, untuk memudahkan penggunanya, OS ini pun dikembangkan dengan versi Graphical User Interface.

UNIX masih digunakan sampai saat ini dengan versi yang juga semakin beragam. UNIX ini sendiri merupakan OS yang bisa didapatkan secara gratis. Selain itu dari segi keamanan, OS ini tergolong aman dari serangan virus. Kekurangannya memang, dari segi tampilan yang kurang menarik.

Kata Penutup

Demikian tadi penjelasan lengkap sistem operasi pada komputer beserta fungsi dan beberapa jenis atau contohnya. Operating System (OS) merupakan komponen paling dasar dan penting yang ada dalam sebuah perangkat komputer.

Berdasarkan penjelasan di atas, sebuah sistem komputer tidak akan bisa bekerja sesuai fungsinya tanpa ada OS ini.